JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terintegrasi STEAM terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik

Octaviani, Feni (Unknown)
Lestari, Tuti (Unknown)
Yurnetti, Yurnetti (Unknown)
Oktavia, Rani (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2025

Abstract

Dominannya proses pembelajaran teacher-centered pada pembelajaran IPA di SMPN 1 Kinali membuat kemampuan berpikir kreatif peserta didik tergolong rendah. Untuk mendorong kemampuan tersebut, digunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terintegrasi STEAM. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif melalui metode quasi eksperimen, rancangan non-equivalent control group design. Populasi penelitian mencakup peserta didik kelas VII TA. 2024/2025. Melalui teknik purposive sampling didapatkan sampel penelitian yaitu kelas VII.4 selaku kelas eksperimen dan kelas VII.2 selaku kelas kontrol. Instrumen yang mencakup, soal berpikir kreatif, angket respons peserta didik, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Pengujian hipotesis melalui uji t menunjukkan thitung 8,04 dan ttabel 2,05, thitung > ttabel artinya H1 diterima dan H0 ditolak. Keterlaksanaan PjBL terintegrasi STEAM tergolong sangat baik dengan persentase 97,22%. Angket respons peserta didik mendapatkan respons positif sebesar 95%. Dengan demikian, pemberian perlakuan dengan pembelajaran PjBL terintegrasi STEAM memberikan pengaruh pada peserta didik kelas VII SMPN 1 Kinali dalam berpikir kreatif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...