Perkembangan teknologi informasi dan internet telah mendorong perubahan perilaku belanja konsumen dari offline ke online. Salah satu platform e-commerce yang banyak digunakan di Indonesia adalah Shopee, yang memanfaatkan sosial media marketing dan tagline “gratis ongkir” untuk menarik minat konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh sosial media marketing dan tagline terhadap keputusan pembelian melalui minat beli pada pengguna Shopee. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 96 orang.Teknik analisis data yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS) dengan bantuan software SmartPLS 3. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner yang disusun menggunakan skala Likert.Hasil penelitian menunjukkan bahwa sosial media marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli dan keputusan pembelian, sedangkan tagline berpengaruh positif terhadap minat beli. Selain itu, minat beli berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara tidak langsung, sosial media marketing dan tagline berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian melalui minat beli. Dengan demikian, semakin efektif sosial media marketing dan penggunaan tagline yang menarik, semakin tinggi pula minat beli dan keputusan pembelian konsumen di Shopee.
Copyrights © 2025