JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Hubungan Pengetahuan Perawat tentang Pemberian Obat Intravena dengan Penerapan Prinsip 7 Benar di Ruang Rawat Inap RSUD Undata Provinsi Sulawesi Tengah

Rusdianto, Ferawati (Unknown)
Ahmil, Ahmil (Unknown)
Rahman, Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2025

Abstract

Pengetahuan merupakan dasar dari tindakan yang dilakukan perawat. Pengetahuan yang baik akan membentukdasar tindakan agar menjadi lebih baik. Perawat yang memilikipengetahuan yang baik tentangpemberian obat akan mempunyai cukup informasi tentang pemberianobat sehingga perawat tersebut berminatuntuk melakukan penerapan prinsip 7 benar pada pasien. Prinsip 7 benar pemberian obat merupakansalah satu pedoman yang berlaku di rumah sakit untukmengevaluasi dan mencegah kesalahan pemberianobat kepada pasien. Jenis penelitian ini adalahkuantitatif dengan desain observasional analitik dan pendekatan cross sectional. dengan jumlah populasi 272 responden dengan jumlah sample 73 respondentehnik penarikan sample menggunakan metode Stratified Proportional Random Sampling.Analisa data menggunakan uji Chi-Square, dengan variable independent Pengetahuan Perawat Tentang Pemberian Obat Intravena dan variable dependen Penerapan Prinsip 7 Benar. Hasil penelitian ini yaitu Pengetahuan Perawat Tentang Pemberian Obat Intravena sebagian besar dalam kategori baik 47 responden dengan presentase (64,4%), Penerapan perawat tentang Prinsip 7 Benar Sebagian Besar dalamkategoribaik 42 Respondendenganpresentase (57,5%) Nilai p-value=0,003<0.05. Kesimpulan terdapat hubungan antara pengetahuan perawat tentang pemberian obat intravena dengan penerapan prinsip 7 benar di RSUD Undata Provinsi Sulawesi Tengah. Diharapkan perawat dapat meningkatkan pengetahuan khususnyadalam pelaksanaan penerapan prinsip 7 benar dalampemberian obat intravena dalammemberikan asuhan keperawatan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...