JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Professional Entrepreneurship Teacher for Developing the Entrepreneurial Mindset

Sudarti, Sudarti (Unknown)
Pratiwi, Diah Indah (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peran guru pendidikan kewirausahaan dalam pengembangan kewirausahaan di SMK Bisnis dan Manajemen Kota Yogyakarta; (2) bagaimana strategi pembelajaran kewirausahaan dalam pengembangan jiwa entrepreneur siswa oleh guru pendidikan kewirausahaan di SMK Bisnis dan Manajemen Kota Yogyakarta; (3) apakah yang dilakukan guru pendidikan kewirausahaan profesional di SMK Bisnis dan Manajemen Kota Yogyakarta. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Obyek penelitian adalah 4 SMK Bisnis dan Manajemen di Kota Yogyakarta. Sumber data dalam penelitian ini 4 kepala sekolah, 4 teman sejawat guru pendidikan kewirausahaan, 4 peserta didik, dan 4 petugas business center , 1 guru pendidikan kewirausahaan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang dipergunakan ialah metode analisis Miles dan Huberman yang dilakukan melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa peran guru pendidikan kewirausahaan sebagai fasilitator dan motivator. Strategi pembelajaran kewirausahaan dalam pengembangan jiwa entrepreneur siswa oleh guru pendidikan kewirausahaan: (1) kewirausahaan diterintegrasikan dalam mata pelajaran; (2) pendidikan kewirausahaan yang terpadu dalam kegiatan ekstra kurikuler; (3) pendidikan kewirausahaan melalui pengembangan diri; (4) perubahan pelaksanaan pembelajaran kewirausahaan dari teori ke praktek; (5) pengintegrasian pendidikan kewirausahaan ke dalam bahan/buku ajar; (6) pengintegrasian pendidikan kewirausahaan melalui kultur sekolah; (7) pengintegrasian pendidikan kewirausahaan melalui muatan lokal. Guru pendidikan kewirausahaan profesional dalam pengembangan jiwa entrepreneur siswa melakukan: (1) menguasai kompetensi sosial, kompetensi paedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional; (2) memiliki usaha bisnis; (3) mampu mengubah mindset peserta didik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...