JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pengembangan Game Edukasi Math War Pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Kelas III di SD

Delita, Dea (Unknown)
Isrok’atun, Isrok’atun (Unknown)
Maulana, Maulana (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran serta untuk mengetahui efektivitasnya dengan menggunakan model penelitian ADDIE. Pada tahap analysis dilakukan identifikasi kebutuhan siswa, guru, kurikulum dan tujuan pembelajaran. Tahap design terdiri dari perancangan konsep alur permainan. Tahap development meliputi pembuatan teknis media berdasarkan rancangan yang telah disiapkan serta dilakukan validasi pada ahli media, materi, dan bahasa. Pada tahap implementation dilakukan uji coba media kepada siswa untuk melihat keefektifannya. Tahap evaluation bertujuan menilai kualitas media dan melakukan revisi untuk menyempurnakan hasil akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game edukasi Math War valid dengan nilai persentase kelayakan masing-masing sebesar 91% (kelayakan media), 97% (kelayakan materi), dan 95% (bahasa), yang seluruhnya termasuk dalam kategori “sangat layak”. Respons siswa menunjukkan hasil yang positif, yaitu sebesar 73% dan termasuk dalam kategori “Baik”, sementara hasil analisis tes siswa tergolong masih rendah. Sehingga kualitas hasil pengembangan game edukasi Math War pada materi penjumlahan dan pengurangan perlu dilakukan perbaikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...