JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Penerapan Inside Outside Circle dengan Baamboozle Pada Mata Pelajaran Konsentrasi Keahlian terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus: SMK Negeri 2 Pekanbaru

Rahmadani, Delia Syaf (Unknown)
Vitriani, Vitriani (Unknown)
Ismanto, Edi (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Aug 2025

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran konsentrasi keahlian di SMK Negeri 2 Pekanbaru menjadi latar belakang penelitian ini. Metode pembelajaran konvensional yang kurang melibatkan siswa aktif berdampak pada pencapaian akademik yang belum optimal. Penelitian ini bertujuan menguji efektivitas model Inside Outside Circle dipadukan dengan platform Baamboozle untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Teknik Komputer dan Jaringan. Penelitian quasi-eksperimen melibatkan 72 siswa yang dibagi dalam kelompok eksperimen dan kontrol, dengan pengumpulan data melalui pretest dan posttest. Hasil menunjukkan rata-rata nilai kelompok eksperimen naik dari 59,72 menjadi 85,00, lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol dari 66,30 menjadi 71,41. Strategi ini menciptakan pembelajaran lebih interaktif dan menyenangkan, meningkatkan partisipasi serta prestasi siswa. Penelitian merekomendasikan penerapan metode serupa pada mata pelajaran kejuruan lain sebagai solusi inovatif pembelajaran era digital.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...