Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran konsentrasi keahlian di SMK Negeri 2 Pekanbaru menjadi latar belakang penelitian ini. Metode pembelajaran konvensional yang kurang melibatkan siswa aktif berdampak pada pencapaian akademik yang belum optimal. Penelitian ini bertujuan menguji efektivitas model Inside Outside Circle dipadukan dengan platform Baamboozle untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Teknik Komputer dan Jaringan. Penelitian quasi-eksperimen melibatkan 72 siswa yang dibagi dalam kelompok eksperimen dan kontrol, dengan pengumpulan data melalui pretest dan posttest. Hasil menunjukkan rata-rata nilai kelompok eksperimen naik dari 59,72 menjadi 85,00, lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol dari 66,30 menjadi 71,41. Strategi ini menciptakan pembelajaran lebih interaktif dan menyenangkan, meningkatkan partisipasi serta prestasi siswa. Penelitian merekomendasikan penerapan metode serupa pada mata pelajaran kejuruan lain sebagai solusi inovatif pembelajaran era digital.
Copyrights © 2025