Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengamalan Tri Satya dan Dasa Dharma dalam pembentukan karakter disiplin siswa sekolah dasar, khususnya di SDN Ciborelang 1. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan teknik pengumpulan data melalui pretest, posttest, serta angket responden siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan karakter disiplin pada kelas eksperimen dengan nilai N-Gain 66%, yang termasuk kategori baik, sedangkan kelas kontrol memperoleh N-Gain 54% yang masuk kategori kurang efektif, meskipun tetap terjadi peningkatan. Temuan ini menegaskan bahwa pembentukan karakter disiplin tidak hanya terjadi melalui kegiatan pembelajaran formal, tetapi juga dapat dibentuk melalui kegiatan kepramukaan dengan pengamalan kode etik kepramukaan, yakni Tri Satya dan Dasa Dharma. Faktor internal, eksternal, fisiologis, dan psikologis turut mendukung pencapaian karakter disiplin. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan karakter siswa melalui kegiatan non-akademik serta menjadi rujukan bagi penelitian selanjutnya untuk memperluas konteks, cakupan, subjek, dan metode pembentukan karakter disiplin melalui kepramukaan.
Copyrights © 2025