JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Stem Dalam Mata Kuliah Pembelajaran IPA SD Untuk Meningkatkan Keterampilan Mahasiswa Dalam Merancang Pembelajaran

Fitri, Shobrina (Unknown)
Ferinaldi, Ferinaldi (Unknown)
Hadi Kusuma, Wira (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) pada mata kuliah Pembelajaran IPA SD guna meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam merancang pembelajaran. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah mahasiswa program studi PGSD pada salah satu perguruan tinggi di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis STEM dinilai valid oleh ahli materi dan media serta efektif meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam merancang pembelajaran yang integratif dan kontekstual. Dengan bahan ajar ini, mahasiswa tidak hanya memahami konsep IPA, tetapi juga mampu mengintegrasikan aspek teknologi dan rekayasa dalam rancangan pembelajaran mereka.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...