JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pengembangan Media Pohon Faktor Berbasis Adobe Animate Materi FPB dan KPK

Rahim, Abdul (Unknown)
Nabela, Silvio Juliana (Unknown)
Nugroho, Fandi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa kelas V B SD Negeri 48 Pangkalpinang dalam memahami konsep FPB dan KPK. Rata-rata nilai ulangan harian sebesar 54,55 masih berada di bawah KKM (70). Berdasarkan angket kebutuhan, 78% siswa menyatakan kesulitan belajar dengan metode yang digunakan selama ini dan membutuhkan media visual yang menarik dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Pohon Faktor berbasis Adobe Animate yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian adalah 34 siswa kelas V B SD Negeri 48 Pangkalpinang. Data dikumpulkan melalui angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan meliputi analisis data validasi ahli, analisis data respon siswa dan guru, dan analisis efektivitas menggunakan uji normalitas serta uji hipotesis. Berdasarkan hasil perolehan angket ahli kevalidan, diperoleh hasil penilaian materi sebesar 68% dengan kategori valid, penilaian media sebesar 92,73% dengan kategori sangat valid. Penilaian kepraktisan diperoleh dari hasil angket respon siswa uji coba kelompok kecil sebesar 94% dan uji coba kelompok besar 90,41%, keduanya termasuk dalam kategori sangat praktis. Uji kepraktisan oleh guru menunjukkan hasil 94%, termasuk kategori sangat praktis. Media Pohon Faktor berbasis Adobe Animate juga terbukti efektif digunakan dalam pembelajaran, ditinjau dari hasil uji normalitas pretest 0,058 > 0,05 dan posttest 0,121 > 0,05, yang berarti data berdistribusi normal. Hasil uji-t menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa media ini efektif digunakan dalam pembelajaran matematika materi FPB dan KPK.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...