JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pengimplementasian Media Pembelajaran Aplikasi Maestro untuk Kemampuan Membaca Notasi Balok Peserta Didik di SMAN 9 Malang

Fitri, Agem Akbar Zainul (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2025

Abstract

Dalam pembelajaran musik, pendidik dituntut untuk mengadopsi berbagai teknologi guna membantu siswa mengembangkan keterampilan musikal mereka, khususnya dalam hal membaca notasi balok. Salah satu pendekatan yang mulai dikenal luas adalah penggunaan perangkat lunak notasi digital seperti Maestro, sebuah aplikasi gratis yang mendukung aktivitas pendidikan music di Indonesia. Sehubungan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan mengukur efektivitas aplikasi Maestro dalam membantu siswa kelas XI-8 di SMAN 9 Malang dalam memahami dan membaca notasi musik. Kelas XI-8 Kelompok eksperimen terdiri dari kelas variabel, sedangkan kelas XI-1 dijadikan sebagai kelompok kontrol. Penelitian ini menerapkan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pelaksanaan pre-test dan post-test pada kedua kelompok tersebut. Data yang diperoleh kemudian dianalisis untuk mengidentifikasi perbedaan rata-rata skor, tingkat peningkatan hasil belajar, serta persentase kemajuan antar kelompok. Hasil analisis menunjukkan siswa yang belajar menggunakan Maestro mengalami peningkatan Kemampuan membaca notasi balok menunjukkan peningkatan yang cukup berarti, dengan kelompok eksperimen mengalami kenaikan rata-rata sebesar 18%, sementara kelompok kontrol mencatat peningkatan sebesar 10%. Kesimpulanya, Aplikasi Maestro efektif dalam mendukung proses penguasaan notasi balok di kalangan siswa Sekolah Menengah Atas.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...