JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Instalasi Gawat Darurat di Rumah Sakit Wijaya Kusumah Tahun 2025

Fadlila, Nazli Amni (Unknown)
Suryadi, Yadi (Unknown)
Azmia, Sila (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sejauh mana kualitas pelayanan di Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Wijaya Kusumah memengaruhi kepuasan pasien. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode cross-sectional, data dikumpulkan melalui kuesioner dari 99 pasien IGD. Kualitas pelayanan diukur berdasarkan lima dimensi SERVQUAL : kehandalan, daya tanggap, bukti fisik, empati, dan jaminan. Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan bahwa setiap dimensi pelayanan secara individual memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien. Namun, dalam model gabungan hanya dimensi jaminan yang secara signifikan memengaruhi kepuasan pasien, sementara empati menunjukkan pengaruh yang kurang kuat dan dimensi lainnya tidak signifikan. Temuan ini mengindikasikan bahwa meskipun semua aspek pelayanan penting, jaminan dan empati memiliki peran yang lebih dominan dalam membentuk kepuasan pasien di IGD Rumah Sakit Wijaya Kusumah. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan berharga bagi manajemen rumah sakit untuk meningkatkan kualitas pelayanan IGD.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...