JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Siswa PAI Kelas 4 di SDN 021 Balikpapan Tengah

Nurhasanah, Nurhasanah (Unknown)
Yusuf, Rusdianoor (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas 4 di SDN 021 Balikpapan Tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Data dikumpulkan melalui kuesioner untuk mengukur kecerdasan emosional dan dokumentasi nilai rapor untuk mengukur hasil belajar. Analisis data menggunakan teknik regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa PAI. Semakin tinggi tingkat kecerdasan emosional siswa, semakin tinggi pula hasil belajar yang dicapai. Penelitian ini memberikan implikasi bahwa pengembangan kecerdasan emosional siswa penting untuk meningkatkan prestasi akademik mereka.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...