JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pengaruh Program Pembiasaan Literasi Al Qur’an terhadap Karakter Religius Pada Peserta Didik Kelas X di SMA N 2 Wonogiri Tahun Pelajaran 2024/2025

Sawitri, Wanda (Unknown)
Ratih, Ratih (Unknown)
Iskandar, Maulana (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2025

Abstract

Di era digitalisasi yang berkembang pesat, informasi dapat diakses secara luas melalui berbagai media. Namun, di SMA Negeri 2 Wonogiri masih dijumpai permasalahan yang menunjukkan rendahnya nilai karakter religius peserta didik, seperti perilaku kurang disiplin saat kegiatan literasi, menjalin hubungan pacaran di lingkungan sekolah, serta penggunaan jilbab oleh sebagian siswi yang belum sesuai dengan tuntunan syariat Islam. Hal ini menunjukkan pentingnya penguatan literasi yang tidak hanya bersifat akademik, tetapi juga pedalaman karakter religius. Selain itu, SMA Negeri 2 Wonogiri juga dikenal sebagai sekolah yang aktif dalam melaksanakan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Sekolah ini telah menyediakan laman digital khusus yang berfungsi sebagai media untuk mengembangkan keterampilan. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui pelaksanaan program pembiasaan literasi Al Qur’an di SMA N 2 Wonogiri. (2) untuk Mengetahui karakter religius peserta didik kelas X di SMA N 2 Wonogiri. (3) untuk mengetahui pengaruh program pembiasaan literasi Al Qur'an terhadap karakter religius peserta didik kelas X di SMA N 2 Wonogiri. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Ada 66 peserta didik kelas X yang dijadikan sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan angket sebagai instrumen dalam pengumpulan data. Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa berdasarkan hasil uji hipotesis, Literasi Al Qur’an (X) memberikan kontribusi sebesar 33,9% terhadap variasi yang terjadi pada variabel Karakter Religius (Y) dalam model regresi yang diteliti.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...