JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Sumber Energi melalui Media Video Animasi pada Siswa Kelas III SD Negeri 112 Pekanbaru

Bastian, Bastian (Unknown)
Safrudin, Safrudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada materi sumber energi melalui penggunaan media video animasi pada siswa kelas III SD Negeri 112 Pekanbaru. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III dengan jumlah 30 peserta didik. Data dikumpulkan melalui observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan keterlibatan aktif siswa selama proses pembelajaran serta peningkatan hasil belajar secara signifikan. Rata-rata nilai hasil belajar pada siklus I mencapai 65, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 80, dengan persentase ketuntasan belajar klasikal mencapai 85%.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...