Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada materi perjuangan melawan penjajah melalui penerapan model pembelajaran role playing di SD Swasta Yayasan Amal Saleh Izzah Qur’ani. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus pembelajaran yang masing-masing terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 14 siswa kelas yang mengikuti pembelajaran IPS yang terdiri dari 9 perempuandan 5 laki-laki. Data dikumpulkan melalui observasi, tes hasil belajar, dan catatan lapangan, kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada partisipasi dan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II, di mana persentase siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) meningkat dari 65% menjadi 80%. Model role playing terbukti efektif dalam meningkatkan penguasaan materi serta keterampilan komunikasi dan kerja sama antar siswa.
Copyrights © 2025