JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskriptif melalui Metode Mind Mapping pada Siswa Kelas V SDN 007 Rokan IV Koto

Nurzena, Silvi (Unknown)
Sari, Nauli Tama (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskriptif pada siswa kelas V SDN 007 Rokan IV Koto melalui penerapan metode Mind Mapping. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang mengalami kesulitan dalam menulis karangan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes menulis, dan dokumentasi. Pada siklus I, terjadi peningkatan motivasi dan partisipasi siswa, namun ketuntasan belajar masih mencapai 60%. Setelah perbaikan strategi pembelajaran, pada siklus II terjadi peningkatan signifikan dengan ketuntasan belajar mencapai 85%. Selain itu, siswa menjadi lebih aktif dan percaya diri dalam mengembangkan ide tulisan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode Mind Mapping efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskriptif pada siswa kelas V SDN 007 Rokan IV Koto.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...