Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskriptif pada siswa kelas V SDN 007 Rokan IV Koto melalui penerapan metode Mind Mapping. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang mengalami kesulitan dalam menulis karangan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes menulis, dan dokumentasi. Pada siklus I, terjadi peningkatan motivasi dan partisipasi siswa, namun ketuntasan belajar masih mencapai 60%. Setelah perbaikan strategi pembelajaran, pada siklus II terjadi peningkatan signifikan dengan ketuntasan belajar mencapai 85%. Selain itu, siswa menjadi lebih aktif dan percaya diri dalam mengembangkan ide tulisan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode Mind Mapping efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskriptif pada siswa kelas V SDN 007 Rokan IV Koto.
Copyrights © 2025