JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Hubungan Orientasi Tujuan dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PJOK SMA Negeri 16 Surabaya

Maulana, Achmad Dwi (Unknown)
Priambodo, Anung (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2025

Abstract

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) bertujuan meningkatkan kualitas individu melalui aktivitas fisik. Namun, rendahnya motivasi dan ketidakjelasan orientasi tujuan siswa memengaruhi hasil belajar. Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan orientasi tujuan dan motivasi belajar dengan hasil belajar PJOK. Metode yang digunakan adalah kuantitatif korelasional dengan 63 siswa kelas XI SMAN 16 Surabaya yang dipilih melalui cluster random sampling. Instrumen meliputi kuesioner TEOSQ, kuesioner motivasi belajar, serta nilai praktik bola voli, basket, dan bulu tangkis. Analisis Spearman menunjukkan tidak ada hubungan signifikan antara orientasi tujuan dan hasil belajar (p = 0,385), maupun motivasi belajar dan hasil belajar (p = 0,531). Namun, orientasi tujuan berhubungan signifikan dengan motivasi belajar (p = 0,000). Sebagian besar siswa memiliki hasil belajar Baik (81%), motivasi Sedang (65,1%), dan task-orientation dominan (82,04%). Disimpulkan orientasi tujuan memengaruhi motivasi, tetapi tidak langsung berhubungan dengan hasil belajar PJOK.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...