JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok terhadap Peningkatan Disiplin Belajar Siswa SMPN 30 Padang

Syauqi, Rahmat Fajri As (Unknown)
Rehani, Rehani (Unknown)
Nelwati, Sasmi (Unknown)
Rahman, Habib Khalilur (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan disiplin belajar peserta didik kelas VIII di SMPN 30 Padang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis deskriptif. Populasi penelitian berjumlah 29 peserta didik yang seluruhnya dijadikan sampel melalui teknik total sampling. Data diperoleh melalui observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan regresi sederhana. Berdasarkan hasil perhitungan regresi sederhana diperoleh persamaan regresi y=18,70+0,71Xy = 18,70 + 0,71Xy=18,70+0,71X. Hasil pengujian signifikansi dengan uji F menggunakan aplikasi SPSS 25 menunjukkan nilai Fhitung = 44,99 lebih besar daripada Ftabel = 4,21. Berdasarkan kaidah pengujian hipotesis, hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, layanan bimbingan kelompok berpengaruh signifikan terhadap peningkatan disiplin belajar peserta didik kelas VIII di SMPN 30 Padang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...