Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh community experience terhadap brand loyalty dengan community identity sebagai variabel mediasi pada komunitas IlustraSee. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan metode survei kepada 121 responden yang memenuhi kriteria purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner daring dengan skala Likert lima poin. Analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) berbasis Partial Least Squares (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa interactive experience berpengaruh positif signifikan terhadap community identity (H3), community identity berpengaruh positif signifikan terhadap brand loyalty (H4), dan interactive experience berpengaruh terhadap brand loyalty melalui community identity (H7). Namun, pengaruh information experience (H1, H5) dan entertainment experience (H2, H6) terhadap brand loyalty baik secara langsung maupun melalui community identity tidak signifikan. Temuan ini memberikan implikasi bahwa penguatan interaksi anggota komunitas dan pembentukan identitas komunitas yang kuat menjadi kunci dalam meningkatkan loyalitas merek.
Copyrights © 2025