JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Gambaran Hasil Pemeriksaan Kualitatif Uji Widal Pada Suspek Demam Tifoid di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Delanggu

Kau, Mohamad Abrar Hamdan (Unknown)
Shafriani, Nazula Rahma (Unknown)
Martuti, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Sep 2025

Abstract

Demam tifoid merupakan jenis infeksi yang disebabkan oleh bakteri Salmonella enterica khususnya turunan Salmonella typhi. Gejala yang ditunjukkan biasanya tidak spesifik bahkan cenderung mirip dengan gejala demam lain sehingga sulit untuk dibedakan. Namun kasus yang memberat bisa menimbulkan kompilkasi yang serius bahkan hingga menyebabkan kematian. Pada tahun 2022 WHO memperkirakan beban penyakit demam tifoid global pada 11- 20 juta kasus per tahun mengakibatkan sekitar 128.000-161.000 kematian per tahun. Salah satu uji untuk meneggakkan diagnosis demam tifoid yaitu dengan Uji Widal. Terjadinya reaksi aglutinasi antara antige Salmonella dengan antibodi spesifik yang terdapat dalam serum penderita demam tifoid. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran hasil pemeriksaan kualitatif uji widal pada suspek demam tifoid di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Delanggu pada bulan Agustus – September 2024. penelitian ini yakni penelitian deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Populasi yang diambil adalah semua suspek demam tifoid yang melakukan pemeriksaan di laboratorium dengan jumlah sampel sebanyak 30 sampel. Hasil yang didapat yaitu Sebagian besar suspek demam tifoid berumur 15 – 50 tahun, sebanyak 15 orang (50%), dan perempuan 16 orang (53,3%). Hasil pemeriksaan Suspek Demam Tifoid terdapat 30 sampel dengan hasil Negatif sebanyak 3 orang (76,7%), dan Positif 7 orang (23,3%).

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...