JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Pengaruh Game Based Learning Berburu “Ubur – Ubur” terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII MTs Babul Ulum Medan T.A. 2024/2025

Amalya, Vinnia Risa (Unknown)
Hasibuan, Eka Khairani (Unknown)
Narpila, Suci Dahlya (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media game based learning berburu ubur-ubur terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VII MTs Babul Ulum Medan. Latar belakang dari penelitian ini adalah penggunaan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan dengan berbantuan permainan dalam proses belajar matematika terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode eskperimen semu dengan pretest-posttest control group design. Populasi meliputi seluruh siswa kelas VII MTs Babul Ulum Medan dan sampel dipilih menggunakan simple random sampling yaitu kelas VII-A yang diajar dengan menggunakan game based learning berburu ubur-ubur dan VII-B dengan menggunakan pembelajaran biasa. Data penelitian menggunakan Tes Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis (TKPKM) yang berbentuk uraian sebanyak 5 butir valid dengan angka reliabilitas (kategori cukup baik). Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh kemampuan pemahaman konsep matematis pada siswa yang diajar menggunakan game based learning berburu ubur-ubur lebih baik dari pada siswa yang diajar menggunakan pembelajaran biasa. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan game based learning berburu ubur-ubur berpengaruh positif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...