Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media game based learning berburu ubur-ubur terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VII MTs Babul Ulum Medan. Latar belakang dari penelitian ini adalah penggunaan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan dengan berbantuan permainan dalam proses belajar matematika terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode eskperimen semu dengan pretest-posttest control group design. Populasi meliputi seluruh siswa kelas VII MTs Babul Ulum Medan dan sampel dipilih menggunakan simple random sampling yaitu kelas VII-A yang diajar dengan menggunakan game based learning berburu ubur-ubur dan VII-B dengan menggunakan pembelajaran biasa. Data penelitian menggunakan Tes Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis (TKPKM) yang berbentuk uraian sebanyak 5 butir valid dengan angka reliabilitas (kategori cukup baik). Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh kemampuan pemahaman konsep matematis pada siswa yang diajar menggunakan game based learning berburu ubur-ubur lebih baik dari pada siswa yang diajar menggunakan pembelajaran biasa. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan game based learning berburu ubur-ubur berpengaruh positif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.
Copyrights © 2025