JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Analisis Prinsip Kerja Sama dalam Debat Osis SMA Negeri 10 Purworejo dan Implikasinya pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA

Rahayu, Eva (Unknown)
Suhendra, Suhendra (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan prinsip kerja sama berupa maksim kuantitas, kualitas, relevansi dan cara serta implikasi hasil analisis pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu metode deskriptif kualitatif. Data dan sumber yang digunakan dalam penelitian ini berupa percakapan dalam video debat calon ketua dan wakil ketua OSIS. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, yaitu menggunkan teknik simak dan catat. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi antar-peneliti. Dari hasil penelitian ditemukan prinsip kerja sama sebanyak 49 data. Maksim kuantitas digunakan untuk memberikan jawaban yang dibutuhkan. Sedangkan maksim kualitas, digunakan untuk memberikan jawaban yang benar. Kemudian maksim relevansi, digunakan untuk memberikan jawaban yang sesuai. Selanjutnya maksim cara digunakan untuk memberikan jawaban yang jelas. Simpulan penelitian ini yaitu, data yang paling banyak muncul adalah maksim relevansi, ditemukan sebanyak 23 data. Sedangkan data yang paling sedikit muncul adalah maksim kualitas, ditemukan hanya 1 data. Maksim kuantitas ditemukan sebanyak 20 data dan maksim cara ditemukan sebanyak 5 data. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai pengayaan bahan ajar pada materi teks argumentasi kelas XI dan memberikan dampak positif bagi pembelajaran bahasa Indonesia di SMA.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...