JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Developing Basic Vocabulary Book Based on Taskbased Learning (TBL) for Seventh Grade at SMPN Unggul Dharmasraya

Sandra, Lara (Unknown)
Nanda, Dodi Widia (Unknown)
Khairita, Martiya Nurni (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini ditulis untuk membuat pengembangan buku kosakata dasar bahasa Inggris berbasis tugas untuk siswa sekolah menengah pertama. Dalam mendalami pembelajaran bahasa inggris, para pelajar harus mengetahui dasar dari pembelajaran bahasa inggris untuk kedepannya. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan materi bahasa Inggris bagi siswa dengan valid, praktis, dan efektif. Tujuan jangka panjang penelitian ini adalah untuk membuat siswa sekolah menengah pertama mampu menguasai kosakata dasar yang ada dalam pembelajaran bahasa inggris. Buku kosakata dasar ini dikembangkan dengan menggunakan pendekatan berbasis tugas. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate).Penelitian ini dilakukan pada siswa sekolah menengah pertama semester dua. Pada tahap analisis, hal ini dilakukan analisis kebutuhan dan analisis situasi. Tahap desain dilakukan dengan merancang buku kosakata dasar bahasa Inggris berbasis tugas, rencana pembelajaran, instrumen penilaian buku kosakata dasar bahasa Inggris. Tahap pengembangan dilakukan dengan pengembangan buku kosakata dasar. Tahap implementasi dilakukan penerapan buku kosakata dasar di kelas 7 sekolah menegah pertama. Terakhir, tahap evaluasi adalah evaluasi pelaksanaan setiap tahap dari model ADDIE. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar validasi buku kosakata dasar, angket respon guru bahasa Inggris dan siswa kelas 7 semester 2, dan hasil tes siswa. Berdasarkan hasil di atas, materi pengajaran bahasa Inggris berdasarkan pendekatan berbasis tugas termasuk dalam valid, praktis, dan efektif kriteria dan diterapkan sesuai dengan kebutuhan siswa kelas 7 semester 2. Berdasarkan validasi ahli bahasa, isi dan media diperoleh hasil validasi ahli media sebesar 75%, isi sebesar 87,5% dan bahasa sebesar 75%. Hasil wawancara terhadap guru dan siswa secara keseluruhan menunjukkan respon yang baik terhadap penggunaan pembelajaran bahasa Inggris berbasis tugas interaktif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...