Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau R&D (Research and Development) yang bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan Video pembelajaran berbasis kearifa lokal pada materi suhu dan kalor kelas XI UPT SMAN 3 Takalar dengan kriteria valid, praktis dan efektif. Desain pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan DDD-E (Decide, Design, Develop, Evaluate). Subjek utama penelitian terdiri dari 2 orang validator yang menilai video pembelajaran berbasis kearifan lokal dari aspek penyajian isi, aspek kelayakan isi, aspek kebahasaan dan aspek kegrafikan. Tahapan pengembangan meliputi perancangan (desain) bahan ajar, pengembangan (develop), validasi oleh ahli materi dan media melalui angket serta revisi berdasarkan masukan dari para ahli sebelum diuji coba ke peserta didik. Uji coba dilaksanaka oleh 33 peserta didik kelas XI UPT SMAN 3 Takalar. Pengumpulan data dilakukan melalui angket validasi dari ahli materi dan ahli media, angket respon pendidik dan peserta didik, serta tes hasil belajar untuk mengukur keefektifan video pembelajaran. Hasil validasi menunjukkan bahwa video pembelajaran yang dikembangkan tergolong sangat valid. Hasil angket kepraktisan juga menunjukkan bahwa video tersebut praktis dan mudah digunakan dalam proses pembelajaran. Selain itu, hasil tes menunjukkan bahwa lebih dari 80% peserta didik mencapai nilai di atas Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP), yang berarti video pembelajaran ini efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep suhu dan kalor.
Copyrights © 2025