Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol. 9 No. 1 (2024): Volume 9 Nomor 1 Edisi April 2024

PENINGKATAN LITERASI DIGITAL: STUDI KASUS DAN BEST PRACTICE

Muzanni, Ahmad (Unknown)
Kartiani, Baiq Sarlita (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi dampak program peningkatan literasi digital terhadap guru sekolah dasar dalam konteks pengintegrasian teknologi dalam pengajaran dan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi dalam program tersebut secara signifikan meningkatkan keterampilan digital guru, memungkinkan mereka untuk lebih efektif menggunakan perangkat lunak pendidikan, navigasi internet, dan memanfaatkan media sosial untuk tujuan pendidikan. Selain itu, guru yang terlibat dalam program ini juga menunjukkan peningkatan dalam mengintegrasikan teknologi ke dalam kurikulum dan proses belajar mengajar, meningkatkan keterlibatan siswa dan memperkaya pengalaman belajar mereka. Program literasi digital juga memberikan peluang untuk kolaborasi dan berbagi pengetahuan antar guru, serta meningkatkan kesadaran akan keamanan dan etika digital. Pembahasan meliputi analisis kurikulum dan materi pelatihan, hambatan dan tantangan dalam mengimplementasikan keterampilan digital, strategi pemecahan masalah, pengukuran dampak, dan rekomendasi untuk pengembangan profesional guru dalam literasi digital. Penelitian ini menegaskan perlunya pendekatan holistik yang memperhatikan infrastruktur teknologi, pengembangan kurikulum, dan dukungan profesional berkelanjutan untuk meningkatkan literasi digital guru dan efektivitas pengajaran di era digital.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

realita

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling (JRbk) Adalah Jurnal yang dikelola langsung oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika Sejak April 2016 dengan ISSN 2503-1708, yang dipublikasi secara Cetak dan melalui Website Fakultas ...