Jurnal Guru Pencerah Semesta (JGPS)
Vol 2 No 4 (2024): Jurnal Guru Pencerah Semesta (JGPS)

Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Siswa SMK

Ma'rifatunnisa (Unknown)
Jalil, Muhrida (Unknown)
Qurasy, Andi (Unknown)
Ramliah (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi akademik siswa meningkat dengan bantuan Quizizz dan lingkungan pembelajaran IT pada siswa kelas X DKV SMK Negeri 2 Maros. PTK merupakan suatu cara bagi guru untuk mengatur pengaturan praktik mengajar dan belajar dari pengalaman belajarnya, menguji ide-ide untuk meningkatkan praktik mengajar, dan melihat dampak nyata dari upaya tersebut. Cara tindakan dalam menyelesaikan masalah sesuai dengan permasalahan yang telah dijelaskan di atas adalah dengan mengidentifikasi masalah, kemudian menganalisis masalah, kemudian mempertimbangkan solusi yang berbeda dan mengambil keputusan tentang solusi yang tepat, mengambil tindakan. Penelitian ini menggunakan tes sebagai metode pengumpulan datanya. Tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-test dan post-test, tes yang digunakan adalah tes pilihan ganda. Metode Penelitian Tindakan Kelas (CART) diperbaiki berdasarkan pengujian selama 2 siklus dan 8 kali pertemuan. Hal ini didukung dengan data dari data integritas hasil belajar siswa. Pada Siklus I persentase hasilnya dibawah 75%, sedangkan pada Siklus II hasilnya meningkat yaitu 76,5%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

gurupencerahsemesta

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Guru Pencerah Semesta atau disingkat JGPS merupakan wadah publikasi hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dikelola dalam lingkup Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Makassar melalui Unit Program Pemantapan Profesi Keguruan (P2K). Jurnal ilmiah ini ...