JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA
Vol. 14 No. 6 (2024): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA

Evaluasi Awal Tingkat Kesegaran Jasmani Siswa SD dengan Tes Foster: Implikasi terhadap Pembelajaran PJOK

Permana, Rahmat (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Masalah utama penelitian ialah kurangnya pemahaman guru PJOK tentang cara menganalisis dan memanfaatkan hasil Tes Foster dalam merancang program olahraga yang sesuai. Banyak guru hanya melihat tes ini sebagai formalitas untuk mengukur kebugaran fisik, tanpa melanjutkannya dengan mengintegrasikan hasil tersebut ke dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kesegaran jasmani siswa sekolah dasar menggunakan Tes Foster dan menganalisis implikasinya terhadap program pembelajaran PJOK. Tes Foster dipilih untuk melihat kesegaran jasmani siswa SD atau kondisi fisik, artinya seberapa cepat pulihnya siswa ke kondisi semula setelah diberikan beban pekerjaan atau olahraga. Metode menggunakan mixed-methods dengan populasi 6 SD di Kota Tasikmalaya serta sampel kelas atas tiap Sekolah. Penelitian ini akan memberikan pemahaman yang mendalam mengenai kesenjangan antara pengukuran kebugaran fisik siswa melalui Tes Foster dan pemanfaatannya dalam program pembelajaran PJOK. Berdasarkan hasil penelitian, rekomendasi dapat diberikan untuk meningkatkan kapasitas guru dalam memanfaatkan hasil tes, menyesuaikan kurikulum olahraga, dan mengoptimalkan kondisi fisik siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpo

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Olahraga is published by STKIP Taman Siswa Bima. Jurnal Pendidikan Olahraga are open national scientific journals that collect and disseminate research manuscripts and literature review/articles in the fields of physical education, sports, and health. Multilateral journal ...