Jurnal Ketahanan Nasional
Vol 23, No 3 (2017)

Inovasi Pemuda Dalam Mendukung Ketahanan Ekonomi Keluarga (Studi Kasus Pada Kampung Warna-Warni Kelurahan Jodipan, Kecamatan Blimbing, Kota Malang)

Prisca Kiki Wulandari (Universitas Brawijaya)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2017

Abstract

ABSTRACTThis study aims to (1) analyze the youth innovation of Muhammadiyah  University of Malang student named Guys Pro in changing the slump area of RW 2 Jodipan Village; (2) analyze the youth innovation product that is vivid village of Jodipan in supporting the family economic security. This study used qualitative approach with descriptive data display. This study was discussed by Habermas’ theory of communicative action and theory of family security. This study showed that the innovation of Guys Pro have changed the image of slump in Jodipan village and replace the face of village to be vivid village. The vivid village became a pilot project of tourism village in Malang. Promotion was given continually by the online and offline media which was attracting the visitor interest to come. Their visits contribute various opportunities for people to serve the needs of visitiors. Recently, they become the home entrepreneurs. In addition the mothers (ibu-ibu) PKK also participate in managing the vivid village. The image changing as a tourism village in Malang support the economic welfare of family for people of RW 2, Jodipan.ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis inovasi pemuda mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang yang tergabung kelompok Guys Pro dalam merubah image kumuh RW 02 Kelurahan Jodipan; (2) menganalisis produk inovasi pemuda yakni Kampung Warna Warni Jodipan (KWJ) dalam mendukung ketahanan ekonomi keluarga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pemaparan data secara deskriptif. Pembahasan dalam penelitian ini dianalisis menggunakan teori tindakan komunikatif Jurgen Habermas dan teori ketahanan keluarga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi Guys Pro merubah image kumuh di RW 02 Kelurahan Jodipan dengan menciptakan Kampung Warna-Warni. Kampung Warna-Warni Jodipan menjadi pilot project kampung wisata di Kota Malang. Promosi yang dilakukan secara terus-menerus melalui online dan offline menarik minat pengunjung untuk mengunjungi KWJ. Kunjungan wisatawan memberikan peluang bagi masyarakat untuk menyediakan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh pengunjung. Saat ini sebagian besar masyarakat Jodipan berwirausaha di rumah masing-masing. Selain itu, ibu-ibu PKK di RW 02 Kelurahan Jodipan berpartisipasi dalam memanajemen wisata KWJ. Perubahan image KWJ sebagai kampung wisata di Kota Malang mendukung kesejahteraan ekonomi keluarga bagi warga RW 02 Kelurahan Jodipan.

Copyrights © 2017