Berdasarkan studi pendahuluan, didapatkan hasil bahwa siswa di SMKN 2 Kota Serang ketika belajar Dasar Listrik dan Elektronika belum ditemukan motivasi belajar ataupun rendah. Jenis penelitian eksperimen ini termasuk pada jenis Quasi Experimental. Desain penelitian yang dimanfaatkan ialah the non-equivalent group design. Pengambilan sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan memanfaatkan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning kepada motivasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. uji independent samples test (Uji-T) didapatkan hasil sig. (2-tailed) sejumlah 0,001, hipotesis nol ditolak dan hipotesis satu diterima. Terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning kepada hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Sesuai hasil pengujian hipotesis memanfaatkan independent sample test (Uji-T) didapatkan hasil sig. (2-tailed) sejumlah 0,000, hipotesis nol ditolak dan hipotesis satu diterima. Terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan software Proteus terhadap motivasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Sesuai hasil pengujian hipotesis dengan memakai uji independent samples test (Uji-T) didapatkan hasil sig. (2-tailed) sejumlah 0,001, hipotesis nol ditolak dan hipotesis satu diterima. Terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan software Proteus bagi hasil belajar siswa dalam Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika.
Copyrights © 2023