Dewasa ini kemajuan teknologi sering membuat manusia lupa akan indahnya dunia nyata. Pernyataan tersebut digambarkan secara mendalam pada film animasi pendek berjudul Blackout. Blackout sendiri merupakan film animasi pendek karya Faiz Azhar dari Universitas Multimedia Nusantara yang telah meraih Piala Citra dalam kategori Film Animasi Pendek Terbaik pada ajang Festival Film Indonesia tahun 2022. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui makna denotasi, konotasi, dan mitos dalam simbol-simbol yang tersirat dalam film ini, sehingga dapat memahami perubahan efikasi diri tokoh Daniel sebagai pecandu gim online serta pesan moral dalam film Blackout. Guna mencapai tujuan tersebut, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian berjenis kualitatif, dengan pendekatan semiotika Roland Barthes melalui teknik studi pustaka dan studi dokumen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat enam adegan yang menyajikan simbolisasi. Melalui telaah kritis, diketahui bahwa makna konotasi dalam keenam adegan tersebut menunjukkan perubahan efikasi diri tokoh Daniel yang semula rendah akibat pengalaman perwakilan, menjadi meningkat berkat persuasi sosial serta penguasaan pengalaman yang mempengaruhi kondisi fisik dan emosinya, Selanjutnya, makna mitos dalam film ini disajikan melalui unsur mise-en-scene yakni setting serta pergerakan pemain yang menyimbolkan perasaan sedih, takut, dan damai tokoh Daniel. Lebih lanjut, dapat dipahami bahwa pesan moral dalam film ini adalah perlunya pola bermain gim online yang lebih moderat agar dapat mengetahui bahwa kehidupan nyata dapat lebih indah jika dibandingkan virtual reality.
Copyrights © 2025