Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah
Vol. 13 No. 3 (2025): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah

TRANSFORMASI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF K.H. AHMAD DAHLAN

Nuraini, Tri Dinda (Unknown)
Asyifa, Bunga Dwi (Unknown)
Puspa, Syahwa Nabila (Unknown)
Amalia, Dhea Zahra (Unknown)
Suresman, Edi (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji transformasi pendidikan Islam dalam perspektif K.H. Ahmad Dahlan, seorang tokoh pembaharu pendidikan Islam di Indonesia. Melalui pendekatan kualitatif dengan metode studi kepustakaan, penelitian ini menganalisis konsep, tujuan, dan metode pendidikan Islam yang digagas oleh K.H. Ahmad Dahlan, serta relevansinya dengan konteks pendidikan Islam kontemporer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa K.H. Ahmad Dahlan menekankan integrasi ilmu agama dan ilmu umum, rasionalitas, keterbukaan terhadap ilmu modern, serta pendidikan berbasis amal dan kerja nyata. Pemikirannya berkontribusi besar dalam transformasi pendidikan Islam dengan menunjukkan bahwa pendidikan merupakan faktor terpenting dalam menciptakan masyarakat yang berkemajuan, religius, dan rasional. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran bagi para pengelola dan praktisi pendidikan Islam dalam merumuskan strategi dan kebijakan yang efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan Islam di Indonesia.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

tashdiq

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah adalah jurnal yang terbit 3 kali setahun pada bulan Maret, Juli, dan November. Jurnal ini merupakan jurnal kajian ilmu agama, tidak hanya mengacu pada satu agama saja, ada 6 agama yang diakui di Indonesia bisa diterima pada jurnal ini. Selain itu jurnal ini ...