Equilibrium: Jurnal Pendidikan
Vol. 12 No. 1 (2024): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN

Pengaruh Peer Academic Support Terhadap Academic Adjustment Pada Siswa SMA IT Abu Bakar Boarding School Kulon Progo

Khoirini, Fajar Nurisa (Unknown)
Andriany, Anissa Rizky (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2024

Abstract

Laju perkembangan peradaban manusia yang dinamis semakin menciptakan beragam tantangan yang kompleks di dalamnya. Salah satunya adanya perkembangan teknologi yang menuntut kapasitas sumber daya manusia yang mampu beradaptasi dengan kondisi tersebut. Oleh karena itu, diperlukan kegiatan pendidikan yang terstruktur sehingga mampu menghasilkan sumber daya manusia yang cemerlang. Meski demikian, tantangan juga lahir secara kompleks dalam kegiatan pendidikan sehingga membutuhkan kemampuan adaptasi yang lebih tinggi oleh para siswa di dalamnya. Penelitian ini melibatkan 130 santri di SMA IT Pondok Pesantren Abu Bakar Kulon Progo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan akademik teman sebaya terhadap penyesuaian akademik. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel  non-probability sampling dengan metode Accidental Sampling. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini adalah skala dukungan akademik rekan yang dikembangkan oleh Chen (2004) dan skala Student Adaptation to College (SACQ) yang dikembangkan oleh Baker dan Siryk ((1999).Dari hasil uji regresi linier sederhana yang dilakukan diperoleh nilai r= 0,599 dengan signifikansi 0,000 < 0,05.Selanjutnya diperoleh nilai koefisien determinasi (R  Square ) = 0,359 atau 35,9% berada pada kategori sedang tapi pasti.Berdasarkan hasil uji pengaruh tersebut menunjukkan bahwa variabel dukungan akademik teman sejawat memberikan kontribusi pengaruh sebesar 35,9% terhadap variabel penyesuaian akademik, sementara 64,1% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

equilibrium

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences Other

Description

Equilibrium: Jurnal Pendidikan dengan ISSN Cetak: 2339-2401 dan ISSN Online: 2477-0221 merupakan jurnal peer-review untuk publikasi artikel ilmiah di bidang pendidikan dan sosiologi, merupakan jurnal akses terbuka yang bertujuan untuk menyediakan forum untuk para peneliti, dosen, guru, praktisi, dan ...