Equilibrium: Jurnal Pendidikan
Vol. 12 No. 1 (2024): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN

Analisis Struktural Interpretatif untuk Merancang Transformasi Digital Pendidikan Tinggi di Indonesia

Vierke, Intan Maria Lewiayu (Unknown)
Syarief, Rizal (Unknown)
Fahmi, Idqan (Unknown)
Sailah, Illah (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan Interpretive Structural Modeling (ISM) untuk merancang model yang akan digunakan dalam upaya transformasi digital pendidikan tinggi vokasi di Indonesia. Studi empiris dilakukan di Politeknik Negeri Bandung sebagai bagian dari pendidikan tinggi. Temuannya mengungkapkan bahwa Penemuan dan Penemuan, Desain Pembelajaran, Pengalaman Pelajar, serta Pekerjaan dan Pembelajaran Seumur Hidup merupakan elemen kunci yang saling terkait dalam konteks pendidikan kejuruan. Temuan ini memberikan panduan untuk mengoptimalkan program, strategi pemasaran, desain kurikulum, dan pengalaman pembelajaran untuk meningkatkan keterlibatan industri, daya saing lulusan, dan relevansi pendidikan dengan pasar kerja. Hasil penerapan ISM dan dampaknya dapat memberikan manfaat yang signifikan, termasuk peningkatan reputasi institusi, kepuasan mahasiswa, dan kontribusi positif terhadap perekonomian dan masyarakat Indonesia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

equilibrium

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences Other

Description

Equilibrium: Jurnal Pendidikan dengan ISSN Cetak: 2339-2401 dan ISSN Online: 2477-0221 merupakan jurnal peer-review untuk publikasi artikel ilmiah di bidang pendidikan dan sosiologi, merupakan jurnal akses terbuka yang bertujuan untuk menyediakan forum untuk para peneliti, dosen, guru, praktisi, dan ...