Penelitian ini bertujuan mengevaluasi salah satu program di Unismuh Makassar yaitu program pembelajaran AIK dengan model CIPP (Context, Input, Process and Product). Adapun Jenis penelitiannya yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Tempat penelitiannya di Prodi PAI Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Makassar. (!). Hasil evaluasi dalam komponen konteks sudah memenuhi kriteria dengan adanya landasan hukum, dan adanya kesesuaian tujuan program dengan visi dan misi organisasi serta kebijakan pemangku kepentingan. (2). Evaluasi dalam komponen input (masukan) ditemukan bahwa, evaluasi terhadap tenaga pengajar sudah memenuhi kriteria dan syarat sebagai pengajar yaitu memiliki kualifikasi akademik jenjang S2 dan S3, memiliki pangkat akademik, sarana dan prasarana dari segi ruang kelas sudah terpenuhi, namun masiah perlu pengadaan perlengkapan pembelajaran pada beberapa ruang kelas. Adapun evaluasi dari segi kurikulum sudah lengkap dan komprehensip. (3). Evaluasi program dalam komponen proses sudah terlaksana dengan baik. (4). Evaluasi program dalam komponen produk menunjukkan capaian pembelajaran dari penilaian kognitif sangat memuaskan, pada ranah afektif terdapat peningkatan dan pada aspek psikomotorik belum mencapai hasil yang memuaskan, masih perlu adanya perbaikan dan latihan.
Copyrights © 2024