Equilibrium: Jurnal Pendidikan
Vol. 12 No. 2 (2024): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN

Evaluasi Program Pembelajaran Al Islam-Kemuhammadiyahan Model Cipp Di Prodi Pai Unismuh Makassar

., Wahdaniya (Unknown)
Mania, Sitti (Unknown)
Akbar Rasyid, Muhammad Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengevaluasi salah satu program di Unismuh Makassar yaitu program pembelajaran AIK dengan model CIPP (Context, Input, Process and Product).  Adapun Jenis penelitiannya yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Tempat penelitiannya di Prodi PAI Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Makassar. (!). Hasil evaluasi dalam komponen konteks sudah memenuhi kriteria dengan adanya landasan hukum, dan adanya kesesuaian tujuan program dengan visi dan misi organisasi serta kebijakan pemangku kepentingan. (2). Evaluasi dalam komponen input (masukan) ditemukan bahwa, evaluasi terhadap tenaga pengajar sudah memenuhi kriteria dan syarat sebagai pengajar yaitu memiliki kualifikasi akademik jenjang S2 dan S3, memiliki pangkat akademik, sarana dan prasarana dari segi ruang kelas sudah terpenuhi, namun masiah perlu pengadaan perlengkapan pembelajaran pada beberapa ruang kelas.  Adapun evaluasi dari segi kurikulum sudah lengkap dan komprehensip. (3). Evaluasi program dalam komponen proses sudah terlaksana dengan baik. (4). Evaluasi program dalam komponen produk menunjukkan capaian pembelajaran dari penilaian kognitif sangat memuaskan, pada ranah afektif terdapat peningkatan dan pada aspek psikomotorik belum mencapai hasil yang memuaskan, masih perlu adanya perbaikan dan latihan.  

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

equilibrium

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences Other

Description

Equilibrium: Jurnal Pendidikan dengan ISSN Cetak: 2339-2401 dan ISSN Online: 2477-0221 merupakan jurnal peer-review untuk publikasi artikel ilmiah di bidang pendidikan dan sosiologi, merupakan jurnal akses terbuka yang bertujuan untuk menyediakan forum untuk para peneliti, dosen, guru, praktisi, dan ...