Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efek pembelajaran dengan menggunakan pendekatan STEAM terhadap kemampuan kognitif dan prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kombinasi (mixed method research) yang menggabungkan penelitian tindakan kelas (action research) dan penelitian eksperiment (experiment research). Pada penelitian ini yang menjadi subjek yaitu peserta didik dengan jumlah 24, dan untuk populasi dalam penelitian ini yaitu 45 yang terbagi ke dalam kelas eksperiment dan kelas kontrol. Pada kelas eksperiment berjumlah 19 peserta didik, dan untuk kelas kontrol berjumlah 26 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan test pada kelas PTK, dan untuk kelas eksperiment dan kelas kontrol menggunakan test prestasi belajar. Analisi data dalam PTK dengan menggunakan presentase yang menggambarkan adanya peningkatan kemampuan kognitif peserta didik, dan untuk kelas eksperiment dan kelas kontrol menggunaka uji t tet. Simpulan dalam penelitian ini yaitu pertama pembelajaran dengan menggunakan pendekatan STEAM dapat meningkatkan kognitif peserta didik yang dibuktikan adanya peningkatan di setiap siklusnya. Kedua pembelajaran dengan pendekatan STEAM dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik, dengan Ho ditolak dan Ha diterima. Ketiga pembelajaran dengan pendekatan STEAM efektif untuk meningkatkan kognitif dan prestasi belajar.
Copyrights © 2024