Penelitian ini bermula dari kurangnya minat siswa sekolah dasar dalam menulis karangan. Artikel ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendapatkan informasi yang berkaitan dengan penyebab rendahnya minat menulis karangan pada siswa sekolah dasar kelas V. Jenis penelitian yang digunakan pada artikel ini yaitu studi kasus. Informasi yang peneliti peroleh bersumber dari informan yang dipilih melalui teknik Puposive Samplingyaitu wali kelas V SD berjumlah 1 orang dan siswa berjumlah 8 orang. Peneliti sendiri yang menjadi instrumen didalam penelitian ini dengan menggunakan alat bantu seperti pedoman wawancara, kamera dan catatan lapangan. Data dan informasi yang diperoleh dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data yang telah didapat dikumpulkan dan dianalisis menggunakan model miles and hubermen yaitu reduksi data, display data dan disimpulkan sesuai dengan fakta yang ada. Dalam artikel ini tentu akan diberikan rincian lebih jelas mengenai apa penyebab terjadinya dengan menguji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasilnya yaitu terdapat rincian faktor rendahnya minat menulis karangan pada siswa kelas V diantaranya faktor lingkungan sekolah, faktor lingkuangan tempat tinggal, faktor lingkungaan rumah.
Copyrights © 2023