EDUCENTER JURNAL PENDIDIKAN
Vol. 1 No. 2 (2022): Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan

Keterampilan manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Ribhatul Khail Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara

Sarrul Bariah (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan keterampilan konseptual, keterampilan hubungan insani, dan keterampilan teknis yang dimiliki oleh kepala Madrasah dalam mengelola Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Ribathul Khail Tenggarong. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk ketrampilan konseptual kepala madrasah Aliyah Pondok Pesantren Ribathul Khail selalu mengedepankan visi dan misi institusi. Keterampilan hubungan insani di lingkungan madrasah aliyah terjalin dengan adanya kerja sama yang dilakukan dengan mendasarkan pada faktor kekeluargaan dan peran partisifatif sangat dominan dalam menyikapi dan dalam menyelesaikan suatu permasalahan belajar mengajar. Adapun salah satu kelemahan madrasah adalah tidak ada MGMP atau KKG. Keterampilan manajerial kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas madrasah aliyah pondok pesantren Ribathul Khail selalu memperhatikan assement pendidikan yang mengarah pada perkembangan pribadi psikologis santri sehingga nantinya memiliki fondamen yang kuat dalam mengaktualisasikan diri di dalam masyarakat. Dapat disimpulkan bahwa keterampilan konseptual, keterampilan hubungan insani, dan keterampilan teknis yang dimiliki oleh kepala Madrasah dalam mengelola Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Ribathul Khail Tenggarong dapat dikatakan sudah baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

educenter

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan, e-ISSN: 2827-7988, p-ISSN: 2827-8542, is a peer-refereed open-access national journal that has been established for the dissemination of state-of-the-art knowledge in the fields of education, teaching, development, instruction, educational projects and innovations, learning ...