TRIBUTE: JOURNAL OF COMMUNITY SERVICES
Vol. 6 No. 2

PENERAPAN PENDEKATAN ADAPTIVE TEACHING UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DASAR ANAK (STUDI KASUS : DESA BUKIT PENINJAUAN 1 SELUMA)

Sulaiman, Davi (Unknown)
Afrian Al-Haritz, Rafi (Unknown)
Fathurrahman, Afief (Unknown)
Ebenezer Alessandro Sinaga, Gilbert (Unknown)
Eric Prianto, Rocky (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2025

Abstract

Literasi dasar merupakan fondasi penting bagi perkembangan akademik dan kognitif anak. Namun, di daerah perdesaan seperti Desa Bukit Peninjauan I, Kabupaten Seluma, masih ditemukan anak-anak sekolah dasar yang belum menguasai kemampuan membaca, menulis, dan berhitung secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan adaptive teaching dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Literasi sebagai strategi peningkatan literasi dasar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus, dengan subjek siswa kelas 1 hingga 3 SD dan lokasi di Perpustakaan Cakrawala desa setempat. Data diperoleh melalui observasi, wawancara informal, dan dokumentasi hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan adaptive teaching mampu meningkatkan kemampuan membaca, menulis, dan berhitung siswa secara signifikan. Pembelajaran yang fleksibel dan disesuaikan dengan kemampuan masing-masing siswa terbukti menciptakan suasana belajar yang lebih inklusif dan efektif. Temuan ini memperkuat pentingnya strategi pembelajaran adaptif dalam mengatasi tantangan literasi dasar di daerah dengan keterbatasan sumber daya pendidikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

tribute

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

TRIBUTE: JOURNAL OF COMMUNITY SERVICES is a journal for publication of community service activities focusing on student community service (KKN) with the following topics such as training, marketing, appropriate technology, design, education for sustainable development, disaster management, health, ...