TRIBUTE: JOURNAL OF COMMUNITY SERVICES
Vol. 6 No. 2

PENERAPAN PROGRAM MEMBACA NYARING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI DI SDN 140 SELUMA

dwi yulianti, risma sari (Unknown)
dharma, gilang surya (Unknown)
mufida, nada (Unknown)
tambunan, kevin saputra (Unknown)
rafli khadapi, muhammad tegar (Unknown)
Prianto , Rocky Eric (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2025

Abstract

Kemampuan literasi menjadi bagian penting dalam proses pembelajaran anak sekolah dasar. Namun, rendahnya minat baca dan pemahaman isi bacaan bagi anak-anak menjadi masalah utama disekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas kegiatan membaca nyaring dengan metode observasi langsung dan wawancara dengan siswa-siswi kelas 3 sampai kelas 5 di SDN 140 Seluma yang dilakukan selama seminggu. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara serta dokumentasi. Teknik membaca nyaring yang digunakan yaitu membaca buku dengan memperhatikan intonasi kata dalam menceritakaan isi buku, serta melafalkan huruf vocal maupun konsonan dengan ekspresi menyesuaikan isi buku bacaan yang sedang dibacakan. Hasil penelitian menunjukan bahwa membaca nyaring sangat berdampak untuk meningkatkan kemampuan literasi dari peningkatan minat baca, memahami isi buku bacaan, memperluas kosa kata dan perkembangan keberanian siswa-siswi serta siswa menjadi lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran literasi. Membaca nyaring mampu menjadi salah satu strategi yang efektif dalam membangun budaya literasi di lingkungan sekolah dasar terutama untuk interaksi aktif antar pembaca dan pendengar. Kata Kunci: Kemampuan Literasi, Membaca Nyaring, Minat Baca, Teknik Membaca Nyaring, Peningkatan Literasi, Pemahaman Bacaan

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

tribute

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

TRIBUTE: JOURNAL OF COMMUNITY SERVICES is a journal for publication of community service activities focusing on student community service (KKN) with the following topics such as training, marketing, appropriate technology, design, education for sustainable development, disaster management, health, ...