Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 5 No. 3 (2025): Oktober 2025 - Januari 2026

Pengaruh Strategi Pembelajaran Efektif Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Hubbul Wathon Sei Berombang Kecamatan Panai Hilir Kabupaten Labuhan Batu

Arrahma, Al Bunia (Unknown)
Efendi, Rohmat (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh strategi pembelajaran efektif terhadap hasil belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Hubbul Wathon Sei Berombang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan survei, menggunakan instrumen angket yang reliabel dan dilakukan uji normalitas serta analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang berbasis siswa secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa. Nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,000 lebih kecil dari ? = 0,05, sehingga hipotesis penelitian diterima. Penerapan strategi ini mencakup model diskusi kelompok, pembelajaran berbasis masalah, dan penggunaan media digital yang menarik, didukung oleh prinsip-prinsipr pembelajaran efektif. Temuan ini memberikan gambaran pentingnya penerapan strategi yang tepat untuk meningkatkan prestasi akademik siswa di lingkungan madrasah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...