GANESHA CIVIC EDUCATION JOURNAL
Vol. 4 No. 1 (2022): April, Ganesha Civic Education Journal

Strategi Guru Dalam Pembentukan Karakter Religus Dan Toleransi Pada Siswa Kelas X Ips Sma Negeri 2 Cibal (Studi Kasus Di Sma Negeri 2 Cibal Kec. Cibal Barat Kab. Manggarai)

Saverinus Darmin (Unknown)
Dewa Bagus Sanjaya (Unknown)
I Wayan Landrawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam pembentukan karakter religius dan toleransi pada siswa SMA Negeri 2 Cibal. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Objek dalam penelitian adalah kepala sekolah, kesiswaan, guru agama, guru PPKn dan siswa kelas X IPS SMA Negeri 2 Cibal. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang di dapatkan selanjutnya analisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan: (1) Strategi guru dalan membentuk karakter religis dan toleransi siswa di SMA Negeri 2 Cibal melalui Kegiatan pembuka pembelajaran, Kegiatan inti oleh guru, dan kegiatan penutup. (2). Upaya guru dalam membentuk karakter religius dan toleransi pada siswa di SMA Negeri 2 Cibal. Melalui kegiatan ekstrakurikuler, pembiasaan, adanya kerja sama antara orang tua murid. (3). Faktor penghambat dan pendudkung guru dalam mempengaruhi religius dan toleransi. faktor penghambat, yaitu pergaulan siswa, kurangnya pengawasan dari orang tua, Faktor pendukung adanya fasilitas ibadah, fasilitas dalam kegiatan ekstrakurikuler, adanya kekompakan guru dalam membimbing, memotovasi, dan mengarahkan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

GANCEJ

Publisher

Subject

Education

Description

Ganesha Civic Education Journal jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial, Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dibidang ...