GANESHA CIVIC EDUCATION JOURNAL
Vol. 7 No. 1 (2025): April, Ganesha Civic Education Journal

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 4 SINGARAJA PADA MATA PELAJARAN PPKN

Maharani, I Dewa Ayu Indah (Unknown)
Suastika, I Nengah (Unknown)
Pertiwi, Ni Ketut Santya Isana (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Apr 2025

Abstract

Penelitialn inli bertuljuan untulk meningkatkan halsil belaljar silswa kelalls VIII Hatta SMP Negerli 4 Singaraja melallui Model Pembelajaran Project Based Learning dalam pembelajaran PPKn. Metode yalng dilgunakan pada penelitian ini adalah penelitialn tindalkan kelals (PTlK) yalng dilalkukan dallam dula tindakan. Sulbjek penelitialn ini adallah 32 silswa kelas VIII Hatta SMlP Negerli 4 Singaraja. Hlasil belaljar silswa dinillai pada ketiga ralnah yaitu, pengetahuan (kognlitif), sikap (afekltif), daln keterampilaln. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan mengevaluasi hasil belajar siswa pada ranah pengetahuan, sikap dan keterampilan. Data dianalisis secara deskriptif (kualitatif). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam dua kali siklus tindakan telah terjadi peningkatan hasil belajar secara signifikan dari ketiga ranah yakni, pengetahuan, sikap dan keterampilan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PPKn.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

GANCEJ

Publisher

Subject

Education

Description

Ganesha Civic Education Journal jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial, Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dibidang ...