Al-Minhaj
Vol 4 No 2 (2022): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam

PENGARUH PENERAPAN METODE INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MEMAHAMI Q.S. AL-HUJURAT/49:13 PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 03 TOLANGOHULA

Rukmawati Badu Pakuna (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas metode pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman siswa. Menggunakan studi tindakan kelas, penelitian ini melibatkan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjeknya adalah siswa kelas VI yang mengalami kesulitan memahami konsep dasar. Observasi awal menunjukkan kurangnya partisipasi siswa, sehingga diterapkan metode pembelajaran interaktif seperti diskusi kelompok dan permainan edukatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes untuk mengevaluasi perubahan pemahaman siswa. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam partisipasi dan pemahaman materi, dengan siswa lebih antusias berkontribusi dalam diskusi. Penelitian menyimpulkan bahwa metode interaktif dapat meningkatkan pemahaman siswa dan menciptakan lingkungan belajar positif. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya adalah mengadopsi variasi metode yang sesuai dengan karakteristik siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

alminhaj

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Al-Minhaj Jurnal Pendidikan Islam adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo yang mempublikasikan tulisan ilmiah dosen, guru, mahasiswa dan peneliti. Terbit dua kali dalam satu tahun setiap 6 bulan ...