Al-Minhaj
Vol 4 No 2 (2022): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam

PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTADIDIK PADA MATERI AL-QUR’AN HADIS KELAS VII DI SMPN 2 TOLANGOHULA

Husain M. Pauweni (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tolangohula pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits melalui penerapan siklus pembelajaran yang terdiri dari tiga tahap: sebelum siklus, Siklus I, dan Siklus II. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan signifikan di setiap tahap. Sebelum siklus, nilai rata-rata siswa adalah 56,4, yang menunjukkan hasil belajar yang kurang memuaskan. Setelah diterapkannya strategi pembelajaran pada Siklus I, nilai rata-rata meningkat menjadi 68,3, yang menandakan adanya peningkatan pemahaman. Pada Siklus II, terjadi peningkatan lebih lanjut dengan nilai rata-rata 82,1, menunjukkan bahwa intervensi yang diterapkan sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini berhasil meningkatkan kemampuan dan pemahaman siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits secara signifikan

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

alminhaj

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Al-Minhaj Jurnal Pendidikan Islam adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo yang mempublikasikan tulisan ilmiah dosen, guru, mahasiswa dan peneliti. Terbit dua kali dalam satu tahun setiap 6 bulan ...