Al-Minhaj
Vol 4 No 2 (2022): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI IMAN KEPADA RASUL ALLAH KELAS VIII SMPN 1 ASPARGA

Yunus, Amna (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media video animasi dalam proses pembelajaran pendidikan agama islam kelas VIII-1 di SMP Negeri 1 Asparaga.Penelitian ini diharapkan dapat memberi kontribusi baru dalam pembelajaran pendidikan agama islam pada umumnya, dan khususnya bagi SMP Negeri 1 Asparaga. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi langsung dengan mengamati proses pembelajaran pendidikan agama Islam menggunakan media video animasi, kemudian wawancara langsung dengan siswa-siswi yang telah belajar menggunakan media video animasi. teknik pengumpulan data selanjutnya adalah dokumentasi, berupa foto-foto kegiatan belajar siswa. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media video animasi dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam sangat efektif hal ini dikarenakan media video animasi memudahkan siswa dalam memahami pelajaran, video animasi juga membuat proses pembelajaran jadi lebih menyenangkan, serta dapat meningkatkan keaktifan dan semangat belajar siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

alminhaj

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Al-Minhaj Jurnal Pendidikan Islam adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo yang mempublikasikan tulisan ilmiah dosen, guru, mahasiswa dan peneliti. Terbit dua kali dalam satu tahun setiap 6 bulan ...