Al-Minhaj
Vol 4 No 2 (2022): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI QUR'AN SURAH AL-MA'UN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DI KELAS V SD NEGERI 3 LIMBOTO KAB. GORONTALO

Hariyati J. Lasaka (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2022

Abstract

Hasil belajar peserta didik tidak hanya sekedar nilai akan tetapi hasil belajar menjadi suatu pernyataan yang spesifik sebagai bentuk perilaku dan penampilan yang diwujudkan dalam bentuk tulisan dalam rangka menggambarkan hasil yang diharapkan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik pada pateri surah al-Ma’un di kelas V SD Negeri 3 Limboto Kabupaten Gorontalo. Adapun tujuan dari penelitian tindakan kelas ini untuk mengukur sejauh mana penerpan model pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan 4 tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negri 3 Limboto Kabupaten Gorontalo. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik, serta lembar penilaian hasil belajar. Teknik analisis data dilakukan dengan cara analisis deskriptif.Hasil dari penelitian ini adalah model pembelajaran cooperative learning tipe numbered head together dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Surah Al-Ma’un di kelas V SD Negeri 3 Limboto Kab. Gorontalo hal ini dapat dibuktikan dengan data peningkatan hasil belajar peserta didik mulai dari pra siklus yang hanya memiliki nilai ketuntasa sebesar 36% dengan jumlah pesersta didik yang tuntas yakni 9 dari 25 peserta didik, sementara pada siklus I setelah diterapkannya model pembelajaran cooperative learning tipe numbered head together maka hasil belajar perserta didik meningkat menjadi 60% dengan jumlah peserta yang tuntas sebanyak 15 peserta didik, belum berhasilnya penelitian pada siklus I tersebut disebabkan banyak hal terutama aktivitas guru yang belum mampu menerapkan model pembelajaran cooperative learning tipe numbered head together dengan baik dan benar. Kemudian setelah dilakukan refleksi dan perbaikan maka pada tindakan siklus II hasil belajar peserta didik menjadi 100% dengan jumlah peserta didik yan tuntas sebaganyak 25 peserta didik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

alminhaj

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Al-Minhaj Jurnal Pendidikan Islam adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo yang mempublikasikan tulisan ilmiah dosen, guru, mahasiswa dan peneliti. Terbit dua kali dalam satu tahun setiap 6 bulan ...