Al-Minhaj
Vol 4 No 4 (2022): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam

PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK TENTANG ZAKAT MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS V SDN 9 LIMBOTO BARAT

Liyan Manjo (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini untuk meningkatkan minat belajar Peserta Didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dikelas V SD Negeri 9 Limboto barat, setelah mengikuti pembelajaran dengan metode Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan tujuan meningkatkan minat belajar peserta didik dalam proses pembelajaran pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Penelitian ini dilakukan di kelas, V SD Negeri 9 Limboto Barat, karena minat belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dikelas tergolong rendah yaitu 48%, ini berdasarkan hasil observasi sebelum dilaksanakan tindakan. Hasil penelitian setelah dilakukan tindakan yakni dengan menerapkan metode Problem Based Learning, minat belajar peserta didik terjadi peningkatan. Peningkatan tersebut bisa dilihat dari hasil observasi pada siklus pertama, dan siklus kedua. Siklus pertama dengan rata-rata 63%, sedangkan pada siklus kedua dengan rata-rata 86%. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Problem Based Learning dapat meningkatkan minat belajar peserta didik kelas V SD Negeri 9 Limboto Barat pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

alminhaj

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Al-Minhaj Jurnal Pendidikan Islam adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo yang mempublikasikan tulisan ilmiah dosen, guru, mahasiswa dan peneliti. Terbit dua kali dalam satu tahun setiap 6 bulan ...