Al-Minhaj
Vol 4 No 4 (2022): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam

PENERAPAN METODE TALAQQI UNTUK MENINGKATKAN HAFALAN QS AL FATIHAH AYAT 1-7 PADA PESERTA DIDIK KELAS 1 DI SEKOLAH DASAR NEGERI 7 BOLIYOHUTO

Gustin I. Mohamad (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2022

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan hafalan surah Al-Fatihah ayat 1-7 pada peserta didik kelas 1 di Sekolah Dasar Negeri 7 Boliyohuto melalui penerapan metode talaqqi. Metode talaqqi merupakan salah satu teknik pembelajaran yang digunakan dalam pengajaran hafalan Al-Qur'an, di mana guru membacakan ayat dan peserta didik mengikuti serta mengulangi secara bertahap. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, tes hafalan, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode talaqqi efektif dalam meningkatkan kemampuan hafalan peserta didik. Pada akhir siklus kedua, terdapat peningkatan signifikan dalam jumlah peserta didik yang mampu menghafal QS Al-Fatihah dengan baik. Penerapan metode talaqqi juga meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik dalam menghafal Al-Qur'an. Dengan demikian, metode talaqqi dapat dijadikan salah satu strategi pembelajaran yang efektif untuk mengembangkan kemampuan hafalan Al-Qur'an pada anak usia sekolah dasar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

alminhaj

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Al-Minhaj Jurnal Pendidikan Islam adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo yang mempublikasikan tulisan ilmiah dosen, guru, mahasiswa dan peneliti. Terbit dua kali dalam satu tahun setiap 6 bulan ...