Al-Minhaj
Vol 4 No 4 (2022): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA PESERTA DIDIK KELAS II (DUA) DI SEKOLAH DASAR NEGERI 9 MOOTILANGO

Hartati Usman (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menghafal Al-Qur'an, khususnya Surah An-Nas, pada peserta didik kelas II di Sekolah Dasar Negeri 9 Mootilango melalui penerapan model pembelajaran Example Non Example. Model pembelajaran ini menggunakan contoh visual sebagai media untuk mempermudah siswa dalam memahami materi dan meningkatkan daya hafalan. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan melibatkan 25 siswa sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Example Non Example secara signifikan meningkatkan kemampuan membaca dan menghafal Surah An-Nas. Pada siklus kedua, siswa menunjukkan peningkatan yang lebih baik dibandingkan dengan siklus pertama, baik dari segi kelancaran membaca maupun kemampuan menghafal. Oleh karena itu, model Example Non Example direkomendasikan sebagai salah satu metode yang efektif untuk digunakan dalam pembelajaran Al-Qur'an, terutama di tingkat sekolah dasar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

alminhaj

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Al-Minhaj Jurnal Pendidikan Islam adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo yang mempublikasikan tulisan ilmiah dosen, guru, mahasiswa dan peneliti. Terbit dua kali dalam satu tahun setiap 6 bulan ...