Al-Minhaj
Vol 4 No 4 (2022): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam

PENERAPAN METODE RESITASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV PADA MATERI MENYAMBUT USIA BALIGH DI SDN 11 LIMBOTO BARAT

Sri Astuti S. Husin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2022

Abstract

Pendidikan adalah elemen kunci dalam kehidupan manusia, berperan penting dalam membentuk individu menjadi manusia seutuhnya melalui proses pembelajaran yang efektif. Namun, tantangan masih muncul dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah, termasuk pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), khususnya dalam materi menyambut usia baligh. Di SDN 11 Limboto Barat, proses pembelajaran PAI masih berpusat pada guru (teacher-centered) dan bersifat teoritik, menyebabkan partisipasi peserta didik dalam proses belajar mengajar rendah. Hal ini tercermin dari hasil belajar yang kurang memuaskan dan rendahnya keterlibatan aktif peserta didik. Penelitian ini dilakukan untuk mengeksplorasi dampak penerapan metode resitasi sebagai alternatif untuk mengatasi masalah tersebut. Metode resitasi bertujuan untuk mendorong peserta didik lebih aktif terlibat dalam pembelajaran melalui pengulangan dan penjelasan materi. Dengan metode ini, diharapkan peserta didik dapat memahami konsep usia baligh dengan lebih baik, serta mampumenerapkan pengetahuan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode resitasi secara signifikan meningkatkan pemahaman dan hasil belajar peserta didik pada materi menyambut usia baligh di SDN 11 Limboto Barat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

alminhaj

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Al-Minhaj Jurnal Pendidikan Islam adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo yang mempublikasikan tulisan ilmiah dosen, guru, mahasiswa dan peneliti. Terbit dua kali dalam satu tahun setiap 6 bulan ...